Benih Terbaru :

Libur Lebaran

Libur Lebaran

Cari Benih

Loading...

Aneka Tips Merawat Bunga Bunga Indah


Semalam tidur agak telat, sekitar jam 1 pagi.  Asik nulis soal berkebun di Blog ini dan.... Ada kiriman benih baru yang segera harus direndam agar esoknya bisa ditanam/disemai.  Makanya pagi ini agak telat bangun.  Sekitar jam 7.30 WITA.  Sehabis mandi dan sarapan saya bekerja seperti biasa.  Kebetulan lokasi kantor di pabrik saya satu komplek dengan tempat tinggal saya.  Kemudian lagi, ini kan Jumat, suasana kerja belum benar-benar seperti kerja di tempat saya ini.  Penduduk masih ber-Tahun Baru.

Jadi saya masih sempat melirik taman bunga saya yang segera saja memberikan pemandangan indah yang sayang rasanya kalo tidak dipamerkan (hihihihihi....) di Blog ini.

1. Morning Glory - Grandpa Ott
Saya baru tahu kemarin, ternyata Morning Glory type Grandpa Ott ini bijinya bisa dipakai buat mabok.  Wakakakaka, efeknya katanya seperti ganja.  Cukup ambil seed pot (kantong biji) yang sudah tua (kecoklatan), pecah untuk diambil isinya.  Setelah itu bijinya digongseng/sangrai kaya kopi.  Terus digiling halus dan dimakan.  Efeknya, kalo gak diare yah mabok.... hahahaha




2. Zinia
Zinia adalah bunga yang sangat gampang ditanam dan diurus. Benihnya juga besar-besar, kira-kira berukuran 5 x 2 mm.  Kemudian yang istimewa adalah bunga ini sangat doyan panas.  Saya menanamnya satu group dengan bunga Matahari kerdil (dwarf), yaitu bunga Matahari yang saat tingginya baru sekitar kurang dari 1 m sudah mulai berbunga.  Jadi sebagai pelindung ke Zinia juga semarak lihat warna-warni merah, pink dan kuning dari bunga Matahari.

Bagi yang berminat nanam nanam bunga, sebagai pemula, Zinia adalah pilihan yang bijaksana.  Soalnya tidak ada susah-susahnya. Rumusnya gampang: Sinar Matahari penuh atau sedikit ternaungi dan air yang berlimpah (tapi tidak tergenang).

Pagi ini yang sudah bisa dinikmati adalah Zinia yang Pink dan Merah Darah.  Cantik banget.  

Tips:
Siram hanya bagian akar dari Zinia untuk mencegah serangan jamur dan penyakit lain.





3. Bunga Matahari
Sama seperti Zinia, bunga Matahari juga sangat gampang ditanam dan dirawat.  Bahkan lebih tahan hama jangkrik dibanding Zinia.  Saya menanam beberapa jenis bunga ini.  Ada yang Lemon Queen dengan warna kuning paling cerah, terus ada Evening Sun, yang warnanya seperti dilukis pakai crayon (lihat gambar yang masih mekar setengah) terus ada juga Hopi, dll.

Yang paling besar Mammoth Grey, karena ukurannya paling tinggi.  Dan yang ini belum berbunga.  Mungkin nanti kalau tingginya sudah 2 m baru bunga.  Jadi sekarang saya sudah bisa menikmati Bunga Matahari saya yang type dwarf.  Kecil kecil sudah bunga.  Tingginya tak sampai sepinggang saya.  Ini bunga Matahari yang cocok kalau ditanam di pot.

Tips: 
Jangan ragu untuk memotong bunga kalau mau dipajang di pot.  Pemotongan bunga akan memunculkan tunas baru.



Evening Sun
Lemon Queen
Lemon Queen
Heliopsis - False Sun Flower
4. Moss Rose
Sebenarnya ini bunga yang sangat merakyat sekali di Indonesia.  Ditempat saya ini disebut bunga Ikan Teri.  Soalnya daunnya memanjang tebal seperti ikan teri Medan.  Tapi di luaran ini bunga yang termasuk sangat popuer bagi gardeners.  Moss Rose ada 2 macam, yang petalnya satu atau yang tumpuk. Biasanya bunga ini ditanam sebagai cover taman.  Mekar dari pagi sampai sore.  Jadi, bila ditanam dengan bener, pagi-pagi anda akan mendapatkan kesegaran luar biasa dari paduan aneka warna bunga ini.

Perbanyakan biasanya dengan stek atau perbanyakan anakan dari akar.  Tapi di gerai-gerai internet, saya lihat banyak juga dijual benih bunga ini.  Saya punya diperbanyak dengan batang/akar/stek.

Tips: 
Tidak ada perlakuan khusus untuk bunga ini.  Cukup disiram satu atau dua kali tergantung terik matahari di tempat bunga ini tumbuh.  Daunnya yang tebal juga memungkinkan bunga ini sanggup hidup seminggu tanpa disiram.

Moss Rose berkelopak bunga tunggal
Berkelopak banyak




5. Krisan
Kalau yang ini gampang-gampang sulit.  Terus terang saya belum berhasil membungakan tanaman ini dari benih/biji.  Yang sudah berbunga justru yang sudah dibeli jadi.  Memang beli jadi sudha berbunga.  Tapi sudah sempat habis, dan kini berbunga lagi.  Saya selalu menggunting bunga yang sudah tua untuk dikeringkan dan diambil bijinya.  Berkebun itu paling nikmat saat seeding.  Saat menyemai benih.  Melihat tunas-tunas kecil halus muncul dari tanah semai anda itu mengasikkan.

Bunga Krisan tumbuh bagus di daerah dingin dengan sinar matahari sepanjang tahun.  Dataran tinggi Indonesia adalah tempat ideal menanam Krisan.  Tapi saya nekat.  Karena di belakang tempat saya tinggal, ada gunung, sementara di depan sekitar 200 m sudah ketemu laut.  Jadi, kalau siang saat angin laut berhembus, tempat saya lumayan hangat kalau tidak mau dibilang menyengat.  Sementara malam sampai pagi anginnya sejuk.  Jam 3 - 5 pagi, kalau tidak pakai selimut bisa menggigil.

Nyatanya, Krisan tumbuh bagus di tempat saya. Saya menanam Krisan di daerah yang sedikit ternaungi matahari.  Artinya, tidak sampai sore matahari menyinari bunga-bunga Krisan saya.  Paling sampai jam 12.

Tips:
Untuk menyemai benih/biji Krisan, lakukan di dalam ruangan (indoor). Benih/biji akan tumbuh dalam waktu sekitar 1 minggu bila secara konstan ditempatkan di tempat yang bertemperatur 20 - 25° C.







Sexy juga ya jempol saya


6. Marigold
Hampir tak ada bunga lain yang lebih gampang dipelihara selain Marigold.  Saking gampangnya bunga ini ditanam orang sering lupa pada keindahannya.  Dengan kelopak bunga bertumpuk, warna kuning keemasan, kuning perunggu atau kuning berkarat, orang justru emoh dengan aroma tak sedap dari bunga ini.  Sampai-sampai, karena baunya yang tak sedap, orang-orang menyebut bunga ini 'Bunga Taik Ayam'.  

Sekarang gardener Indonesia lagi kepincut dengan tanaman yang bisa mengusir nyamuk.  Misalnya Lavender yang juga menyukai tempat tumbuh yang panas.  Namun masalahnya, sangat susah menyemai Lavender.  Benih lavender harus mengalami stratifikasi terlebih dahulu sebelum disemai.  Yang bisa diakali dengan menyimpan benih selama sebulan di dalam kulkas.  Ini untuk meniru kondisi alam di Eropa dan Amerika yang ada musim dinginnya.

Nah, sebenarnya Marigold atau Bunga Taik Ayam ini punya fungsi yang sama.  Bahkan para gardener barat cenderung menilai Marigold lebih ampuh mengusir serangga seperti nyamuk, karena aromanya yang lebih menyengat.  Jadi sebenarnya kalau penyuka tanaman hias kita tak termakan trend.  Saya kira Marigold lebih mencolok dan lebih cantik dibanding Lavender, selain itu juga lebih bermanfaat dan mudah untuk mengusir nyamuk dibanding Lavender.  Apalagi negri Tropis seperti Indonesia ini jelas saja tak bisa menghindar dari masalah nyamuk.

Jadi tunggu apa lagi, tak perlu malu nanam bunga Taik Ayam.  Bunga ini indah.  Bahkan orang Barat menyebutnya Marigold.  Emas nya Bunda Maria.

Tips:
Marigold perlu sinar matahari langsung.  Juga bisa hidup di hampir segala jenis tanah.  Tak perlu repot-repot menyemai benih bunga ini di tempat penyemaian, tapi kalau mau taman anda rapi dan teratur yah tidak ada salahnya.  Jangan lupa, ini tanaman pengganti Baygon.






Berkebun itu butuh kesabaran, sama seperti memelihara ikan di aquarium, sebesar apa ketekunan anda segitu pula yang akan dihasilkan alam kepada anda.  Kegiatan ini bisa menghilangkan stress dan kelelahan pikiran.  Pancarkan cinta kasih anda yang tulus kepada tanaman anda.  Hasilnya, tiap pagi anda akan diberikan keindahan gratis.....

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Al's Garden - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger