Benih Terbaru :

Jangan Golput

Jangan Golput

Cari Benih

Loading...

Cara Menanam Bunga Matahari Sampai Berbunga


Bunga Matahari bisa tumbuh dengan baik di dataran Rendah sampai Tinggi dengan kondisi sinar matahari yang penuh serta tidak terlalu berangin.  Sosoknya biasanya besar gagah, dengan bunga selalu mengarah ke arah Matahari.

Ingin menikmati bunga matahari, anda bisa mulai menanamnya yang dalam masa sekitar 2 - 3 (Tergantung jenis bunga Matahari yang anda tanam, kondisi kesuburan tanah, curah hujan dan iklim) bulan akan segera memunculkan bunga-bunga indah untuk anda.  

1. Pengenalan Benih.
Ini proses awal yang sangat penting.  Benih bunga Matahari bisanya besar dan sangat gampang dikenali.  Karena benih ini sering dikonsumsi sebagai kwaci.  di Gambar di bawah ini, anda bisa melihat sendiri bentuk dan ukuran aneka jenis benih Bunga Matahari.  

Yang Mammoth Grey tingginya bisa mencapai 2 m lebih.  Kelihatan dari benihnya yang berwarna putih dengan garis garis coklat kehitaman, dan ukurannya besar.  

Kemudian, jenis Velvet Queen.  Ini bunga Matahari berwarna Merah Darah yang tingginya kelak sekitar 1 meter lebih sudah siap bunga.  Bentuk benihnya lebih ramping dan lebih pendek dibanding benih Mammoth Grey.  

Evening Sun, karena berupa campuran/mix dari berbagai macam warna, maka warna benihnya juga beragam.  Dari putih, krem sampai coklat tua dan hitam ada.  Begitu juga kelak warna bunga yang muncul, akan sesuai dengan jenisnya.  Dari kuning yang paling cerah, sampai merah semburat Orange.

Kemudian, anda bisa perhatikan, untuk memudahkan penanaman benih bunga Matahari di media semai.  Saya menandai bagian yang lebih bulat dan tidak lancip sebagai Ujung Atas dan bagian yang lancip, menjadi ujung Bawah.



2. Media Tanam
Umumnya bunga Matahari bisa tumbuh di kondisi tanah yang bagaimanapun, selama ada sinar matahari penuh dan air. Tapi untuk penyemaian, pilih saja tanah yang gembur dan subur.  Yang sanggup mengikat air dengan baik.

Bisa juga langsung anda tanam di media permanennya, di taman atau di mana saja anda suka.

Penanaman benih dilakukan dengan menekan benih dengan arah Ujung Bawah ke media tanah yang sudah dibasahi.  Tekan sampai kelihatan ujung atasnya sedikit, seperti gambar di bawah.


3. Tunas
Letakkan pot penyemaian di tempat yang hangat (min 25 derajat celcius) dan usahakan tidak terlalu terang.  Siram 2 kali sehari.  Bila anda menanamnya di media penyemaian, gunakan sprayer air. Setelah berumur 3 - 4 hari, benih yang tadinya anda tekan, akan terlihat terangkat sedikit, karena ternyata di dalam media, benih bunga Matahari sana sudah membentuk akar.


4. Tunas Muda
Sekitar 1 minggu kemudian, tanaman setinggih 5 cm mulai terlihat.  Saya memindahkan tanaman pada kondisi begini.  Tujuannya adalah agar tanaman tidak bengkok.  Penyemaian di dalam rumah, bisa mengakibatkan benih tumbuh bengkok, karena sudah naluri setiap tanaman untuk mencari sinar matahari.  Dan di masa-masa muda ini, biasanya benih akan lebih getol untuk menjadi tinggi daripada pembentukan hal-hal lain seperti kekuatan batang.

Akibatnya bila kelamaan di pindah, tanaman bisa tinggi kurus, dan sangat rentan rusak saat di tanam/dipindahkan ke alam terbuka.  Saat Tanaman dipindah, jangan sampai ada akar yang patah.  Cungkil seluruh bagian tanaman.  Jangan ada akar yang terlewat.  Akar bunga Matahari bisa sangat panjang.



Tanam Bunga Matahari secara permanen hanya di tempat yang terkena cahaya Matahari langsung. Paling tidak, kena sinar Matahari selama tak kurang dari 6 jam sehari.

Perawatannya hampir tak ada selain disiram 2 kali sehari bila hari terasa sangat panas. 1 kali siram saja bila hari mendung-mendung. Kalau hujan, jangan disiram lagi, tapi tegakkan batang-batang pohon muda yang mulai bengkok.

5. Bayi
Setelah di pindah ke alam terbuka, biasanya saya menutupnya dulu dengan potongan botol plastik bekas air mineral:


Perlakuan seperti gambar di atas saya lakukan untuk melindungi bayi tanaman yang masih rentan rusak kena hujan, rusak dimakan serangga dan bahaya kekeringan kalau lupa disiram.

Dengan penutup transfaran dari botol bekas air mineral tersebut, anda juga sekaligus menjaga tingkat kelembaban tanaman.  Kalau siang menjadi tidak terlalu panas. Dan kalau malam tidak menjadi terlalu dingin.

Setelah beberapa minggu, benih bunga Matahari anda sudah akan membentuk beberapa daun seperti gambar berikut:


6. Bunga Remaja
Umur 1 - 2 bulan.  tanaman remaja mulai jadi.  Kalau mau, pada saat saat inilah anda boleh memberikan pupuk yang maksimal.  Pupuk kandang ataupun NKP.


7. Belajar Bunga
Menjelang usia 3 bulan, akan muncul tunas tunas bunga di ujung pucuk tanaman, serta di ketiak-ketiak batang daun.  Kalau tidak sayang, silahkan potong tunas-tunas bunga yang diperkirakan tidak akan efektif.


Kebanyakan kuntum bunga, bisa membuat bunga yang akan dihasilkan nanti bentuknya kecil karena rebutan nutrisi dengan saudara-saudara kumtum bunga yang lain.


Oh, yah.... Pada masa ini sambil melihat ke warna dahan tanaman, anda bisa menebak warna apa nanti yang akan muncul sebagai bunga.  Warna bunga yang orange dan merah, batang daunnya cenderung lebih gelap dibanding dengan yang jenis Lemon Queen (kuning lemon muda).

8. Lulus Belajar
Kalau sudah pada kondisi begini, masanya anda untuk melatih kesabaran.  Karena sedikit lagi kuntum bunga Matahari anda akan memperlihatkan warna apa dia sebenarnya.... Kuning? Kuning Tua? Orange atau Merah?


9. Berbunga....
Tadah............

SF Colours Parade - Orange

SF Evening Sun - ciri-cirinya, warna kelopak bunga seperti dilukis dengan krayon

SF LEmon Queen - Kuning Muda 


SF Colours Parade - Kuning tua dengan semburat Orange muda di dekat inti bunga.






Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Al's Garden - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger